Langsung ke konten utama

Custom Domain: Cara Membuat Blog dengan Nama Domain Sendiri di Blogger Tanpa Blogspot

Cara melaksanakan blog dengan nama domain seorang diri di Blogger, minus ada tambahan cap lingkungan blogspot di belakangnya, dikenal dengan sebutan Custom Domain.
 
Misalnya, nama blog asli di Blogger itu romeo.blogspot.com. Nah, kita bisa membarui alamat blog yang panjang itu menjadi romeo.com, bagaikan blog yang sedang Anda kunjungi ini!

Custom Domain: Cara Membuat Blog dengan Nama Domain Sendiri
Dengan nama daerah sendiri, blog kita jadi kian kredibel, tampak profesional, gak ketahuan gratisnya, bertambah ringkas dan mudah ditulis dan diucapkan, dan akhirnya akan kian SEO Friendly, sehingga kian banyak pengunjungnya!
 
Banyak lho situs dewan dan situs berita sebenarnya blog Blogger, hosting di Blogger, namun "tidak ketahuan" karena di-custom domain atau memanfaatkan nama domain sendiri.
 
Bagaimana caranya? Di bawah ini tutorialnya.

Cara Membuat Blog dengan Nama Domain Sendiri

Berikut ini Cara Membuat Blog dengan Nama Domain Sendiri di Blogger Tanpa Blogspot. Langkah pertama, buat lalu blognya, arkian beli domainnya. Murah kok, cuma 100-ribuan per tahun!
 
1. Buat Dulu Blognya. Baca: Cara Membuat Blog.
2. Beli domainnya. Silakan instruksi lingkungan di Niagahoster.
 
Hosting Unlimited Indonesia
 
Jika mau mengikuti panduan di bawah ini layak beli domainnya di kian ya, karena aturan custom lingkungan di kaki (gunung) ini saya "salin tempel" dari provider daerah tersebut.

Setelah melaksanakan blog di Blogger dan membeli/sewa nama lingkungan yang cuma 100-ribuan per tahun, lanjutkan dengan langkah berikut ini.

Custom Domain Blogspot Mudah di Member Area

 
Fitur Custom Domain di Niagahoster akan membuat Anda tak perlu repot dan memerlukan langkah-langkah yang panjang untuk melahirkan blog dengan cap daerah sendiri.

Hanya dengan memasukkan cap domain di Blogspot, dan memasukkan CNAME 2 di Member Area Niagahoster, blog Anda di Blogger bangat dapat diakses dengan cap domain sendiri, minus ada bumbu "blogspot", sehingga bertambah kredibel dengan looks professional!

Berikut ini 3 langkah mudah dengan mini yang harus Anda lakukan.

Langkah 1: Mendapatkan CNAME di Blogger

Masuk ke akun Blogspot Anda dan langsung menuju Settings.

1. Klik Setting > Basic
<iframe id="aswift_2" name="aswift_2" width="566" height="90" frameborder="0" marginwidth="0" marginheight="0" scrolling="no" allowfullscreen="allowfullscreen" data-mce-fragment="1"></iframe>
Langkah 1: Mendapatkan CNAME di Blogger

2. Pada baris Publishing, klik URL “ + Setup a 3rd party URL for your blog”
3. Tambahkan cap domain Anda yang sudah aktif, lengkap dengan www, arkian klik Save.

Tambahkan asma daerah Anda

Jika Anda mendapatkan pesan error 12 dan 32 beri abaikan saja, yang penting Anda sudah mendapatkan CNAME 2 yang dibutuhkan buat konfigurasi di Member Area.



Sampai di sini, buka tab baru, ketik/buka niagahoster.co.id, dan LOGIN ke Member Area.

Langkah 2 : Masukkan CNAME 2 Blogspot ke DNS Management Member Area

1. Login ke member bilangan Anda melalui https://www.niagahoster.co.id, kalakian ala kanan atas faksi Member Area.

2. Setelah masuk member area >> klik pada menu Hosting & Domain.

menu Hosting & Domain

3. Pilih cap daerah dan klik Kelola seperti pada gambar di atas.

4. Pada menu Kelola, klik DNS Management > klik Custom Blogspot.

Pengaturan Domain


Pengaturan Domain

5. Setelah muncul esai bagaikan di atas, isikan domain bertimbal CNAME 2 yang telah Anda dapatkan di Dashboard Blogger Anda, dengan klik Save changes.

Detailnya seperti gambar berikut ini:

Pengaturan Domain Blogger

CNAME 2 dalam contoh ini adalah:

  • Domain: mljwxqwulcvs 
  • Value: gv-bpbgtytzvnz6sg.dv.googlehosted.com

Bila setting telah berhasil, Anda dapat coba refresh (Tekan F5) jerambah pengelolaan domain. 

Langkah 3 : Klik Save di Blogspot

Buka jerambah Dasboard Blogger Anda. Klik Save .

Bila memperoleh error ketika Save dilakukan, alkisah boleh tunggu proses propagasi (waktu yang dibutuhkan bagi daerah buat boleh tersambung dengan server) agar record DNS sebelumnya dikenali oleh Blogger.

Estimasi propagasi umumnya beberapa jam saja, bisa juga dalam hitungan menit. Tunggu saja. Setelah itu coba Save kembali. 

Jika Save sudah berhasil, maka Custom Domain telah selesai kelar. Kini alamat blog Anda sudah berubah menjadi nama lingkungan sendiri, sonder ada "blogspot", lebih keren! Wasalam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Media Cetak: Struktur Organisasi dan Job Desc

Hay bertembung lagi di portal INFORMASI PALING LENGKAP, kali ini penulis akan melakukan pembahasan " Manajemen Media Cetak: Struktur Organisasi dan Job Desc " secara jelas, marilah perhatikan seutuhnya. Manajemen Media Cetak - Surat kabar, Tabloid, Majalah. HARI gini periksa alat cetak? Gak faktual keles! Zaman now mah, online atuh! Euh.... alokasi saya mah, membahas alat cetak faktual banget, detik ini. Soalnya, saya mengarahkan mata pendidikan publisistik cetak. Jadi, ya... faktual banget alokasi saya mah! Setelah membahas pengertian publisistik cetak  dan jenis-jenisnya,  jurnalistik surat kabar , jurnalistik tabloid , dengan jurnalistik majalah , kali ini saya akan periksa manajemen alat cetak. Ini materi pendidikan untuk saya periksa di kelas. Sebenarnya sih tak bikin baru, tapi update  tulisan saya soal manajemen alat cetak yang sudah saya tulis pada buku  Jurnalistik Terapan . Pengertian Manajemen  Pengertian manajemen ( management ) berlimpah-ruah di indek

Busana Presenter TV Wanita: Pake Celana Panjang Deh!!

Hawai'i bertembung semula di laman INFORMASI PALING LENGKAP, Hari ini beta akan menginformasikan " Busana Presenter TV Wanita: Pake Celana Panjang Deh!! " secara tuntas, yuk teliti selengkapnya. Anggota Paskibraka putri saat ini bisa memakai lancingan panjang, bukan lagi rok. Menurut berita , hal itu agar merek leluasa bergerak dalam baris-berbaris. Kebijakan baru ini harus didukung. Setidaknya, kecuali menutip aurat wanita ala lebih baik, tidak hendak ada lagi kejadian "rok melorot" dalam upacara bendera. Kebijakan ini sebaiknya diikuti oleh programmer atau produser acara televisi. Presenter wanita sebaiknya memakai lancingan panjang, agar leluasa, tidak kagok, tidak membuat pemirsa "gagal fokus". Coba lihat presenter tvOne dalam acara Apa Kabar Indonesia Pagi, Kamis 1 Agustus 2019. Presenter TV wanita terkesan "pamer betis" plus "buka sikit" bagian di arah lutut. Aurat euy!!! Apalagi kalau sang presenter membawakan ac